Jumat, 01 November 2013

Jurnalistik Foto (Jenis-Jenis Foto Jurnalistik)

1. Foto Spot News

Foto tunggal yang menyajikan suatu peristiwa yang berdiri sendiri, misalnya tabrakan, peresmian gedung, dan lain-lain.


Foto Spot News yang saya ambil adalah foto peresmian Bank Mandiri yang baru saja di buka di suatu daerah.


2. Foto Human Interest

Foto yang menyajikan kejadian sehari-hari yang tidak mengandung mutu berita yang hangat, tetapi merupakan lukisan masyarakat, misalnya rumah-rumah gelandangan dari plastik.

Foto Human Interest yang saya ambil adalah foto keseharian bapa-bapa yang bekerja di ladang setiap harinya untuk mendapatkan sesuap nasi.


3. Foto Essay

Disajikan dalam bentuk rangkaian foto-foto yang menyajikan berbagai aspek yang dapat mengupas berbagai masalah dalam masyarakat secara menyentuh hati. Misalnya narkotikus yang menggambarkan dimana dia membeli ganjanya, di mana dia mengisapnya, dalam keadaan fly, dan lainnya.

Foto ini adalah foto yang diambil pada saat teman saya berdemo di salah satu daerah untuk membela negara syria yang sedang berperang saat ini.


4. Foto Picture Story

Suatu serial foto atau merupakan serangkaian foto yang membahas suatu kejadian di dalam masyarakat. Berbeda dengan foto essay, kejadian itu singkat dan menggambarkan beberapa tahap kejadian, misalnya pembajakan kapal udara.

Ini salah satu foto yang ada di internet, foto ini mengisahkan seorang wanita muslimah yang diserang orang yahudi , karena tidak suka melihat orang  muslim di sekitarnya , dan muslimah ini sangat kesal dan marah atas perlakuan yang tidak adil ini karena orang yahudi itu memaksa wanita itu untuk membuka kerudungnya dan membela diri hingga terjadi pertengkaran.


5. Foto Picture Sequence

Merupakan rangkaian foto-foto, di mana terjadinya peristiwa itu hanya selisih beberapa detik saja. Misalnya foto tentang seorang peloncat indah.

Ini adalah salah satu foto dari internet yang menceritakan seorang pemain ski yang sedang berski di atas bukit hingga turun ke bawah bukit.


6. Foto Humor

Diantara foto-foto yang menyajikan berita-berita hangat, tentunya ada  foto-foto yang bernada humor .

Ini adalah foto yang di ambil dari intenet dimana foto ini menceritakan sebagian organ manusia itu adalah makanan. kalau orang yang tidak teliti akan mengira bahwa isi tas tersebut benar-benar organ manusia.


7. Foto Happy News

Hal ini dilancarkan sebagai suatu reaksi terhadap foto berita yang hanya menyajikan human imisery saja atau kesengsaraan manusia, yang dari tahun ke tahun melaukiskan peperangan dan kesedihan yang dihasilkan olehnya .

Foto ini saya ambil dari internet yang menggambarkan wilayah Palestina dari tahun ke tahun setelah di jajah Israel yang asalnya wilayahnya luas dan menyebar setelah dijajah sedikit demi sedikit berkurang dan semakin kecil karena daerah atau wilayah tersebut sudah dikuasai oleh Israel.


8. Foto Ilustrasi

Selalu dikaitkan dengan tata rias surat kabar atau majalah. Foto ilustrasi adalah foto yang dimuat hanya untuk menghiasi halaman dan untuk memperjelas uraian tertentu.

Foto ini saya ambil saat sedang terjadi kemacetan di Jakarta yang bisa di pakai sebagai headline foto pada surat kabar atau pemberitaan. 

9. Foto Berita

Harus memenuhi syarat sebuah berita, yakni:
  • Secara visual langsung dimengerti pembaca
  • Memenuhi syarat suatu berita (unsur 5W+1H)
  • Aktualitas
  • Proximity (unsur jarak antara pembaca & kejadian)
  • Prominance (rasa agung, rasa penting)
  • Aspek keterlibatan pembaca
  • Aspek manusiawi

Foto Berita yang saya ambil ini adalah saat berlangsungnya pengajian di Viduct, Badung. Pengajian yang berlangsung tiap minggunya memadati Masjid Persis yang berada di dekat Balai Kota Bandung, yang memberikan unsur aktualitas dan pembaca akan memahami langsung secara visual menciptakan prominance atau rasa agung.


 10. Foto Feature

Foto ini saya ambil waktu pulang kampung yaitu foto feature atau yang menggambarkan tentang keseharian anak-anak desa yang sedang bermain di sawah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar